BERIKUT INI EFEK SAMPING AZITROMISIN OBAT RESEP DOKTER
Azitromisin (azithromycin) adalah obat antibiotik tipe golongan macrolide yang fungsinya menghentikan pertumbuhan bakteri. Azitromisin tersedia dalam bentuk obat generik dan juga obat paten/bermerek. Untuk obat bermerk dipasaran biasa kita temukan dengan merk dagang Zithromax. untuk obat generiknya dikenal dengan nama azitromisin.
efek samping

Mekanisme kerja azitromisin

Azitromisin bekerja dengan menghentikan bakteri berkembang biak. Prosesnya dapat  membunuh bakteri dan mengobati infeksi.

Fungsi/khasiat/indikasi obat Azitromisin

Boleh dikatakan Azitromisin ampuh membunuh bakteri dan mengobat berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Apa saja penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri? Contoh infeksi oleh bakteri adalah infeksi kulit, penyakit menular seksual seperti kencing nanah, sipilis, gonore , infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri lainnya. Walaupun ampuh melawan bakteri akan tetapi Azitromisin tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti flu biasa, flu). Penggunaan atau penyalahgunaan antibiotik yang tidak perlu malah dapat menyebabkan keefektifannya tubuh melawan penyakit menurun.

Merk Dagang

AZITHROMYCIN, AZOMAX, AZTRIN, BINOZYT,MAXMOR, MEZATRIN, ZAROM, ZIBRAMAX, ZICHO, ZISTIC, ZITHROMAX, ZYCIN

Harga di apotik


Harga obat azitromisin tergantung merk yang dijual, ada yang murah dan ada juga yang mahal. pada umumnya harga obat azitromisin di apotik sudah ada daftar harganya. misalnya AZITHROMYCIN 500 MG TABLET dijual dengan kisaran harga Rp. 13.000 sampai dengan Rp. 15.000, ZITHROMAX 500 MG TABLET harganya Rp. 77.000 s/d Rp. 79.000. Untuk harga lengkap obat azitromisin di apotik akan kami bahas pada artikel lainnya.

EFEK SAMPING

Efek samping Azitromisin
Tablet oral Azitromisin tidak menyebabkan kantuk namun bisa menimbulkan efek samping lainnya.

Efek sampingnya lebih umum
Efek samping tablet azitromisin yang lebih umum dapat mencakup:

diare
mual
sakit perut
muntah
Jika efek ini ringan, mereka mungkin akan sembuh dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Jika mereka lebih parah atau tidak pergi, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Efek samping yang serius

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius. Hubungi 911 jika gejala Anda terasa mengancam jiwa atau jika Anda merasa mengalami keadaan darurat medis. Efek samping yang serius bisa meliputi:

Masalah hati, dengan gejala seperti:
Kulit terlihat berwarna menguning atau berwarna kekuningan pada bagian putih mata Anda
Susah bernafas
Tidak ada selera makan
pembengkakan wajah, tenggorokan, lidah, bibir
Terasa gatal-gatal pada kulit
muntah setelah makan
lekas marah dengan menyusui
Berat badan menurun
Rasa sakit di perut bagian atas
Mudah lemah dan cepat lelah

Efek samping Reaksi alergi, dengan gejala sebagai berikut

Reaksi kulit yang parah, seperti pustulosis exantematous generalisata (AGEP), nekrolisis epidermal toksik, sindrom Stevens-Johnson. Jika Anda memiliki reaksi alergi, hubungi dokter, rumah sakit ataupun puskesmas terdekat. Jika gejalanya parah, hubungi dokter spesialis atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat. Jangan minum obat ini lagi jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadapnya. menggunakan Azitromisin lagi bisa menyebabkan kematian.

Namun, karena obat mempengaruhi setiap orang secara berbeda, tidak menjamin bahwa informasi ini mencakup semua kemungkinan efek samping. Informasi ini bukan pengganti saran medis. Selalu diskusikan kemungkinan efek samping dengan penyedia layanan kesehatan yang mengetahui riwayat kesehatan Anda ataupun dokter anda.

Dosis obat

Semua kemungkinan dosis dan bentuk obat mungkin tidak disertakan di sini karena setiap obat yang diproduksi oleh produsen obat memiliki aturan dosis pemakaian  yang berbeda. Dosis obat sudah tertera pada kemasan obat yang anda beli. Anda wajib membaca aturan pakai obat sebelum menggunakannya.

INTERAKSI

Azitromisin dapat berinteraksi dengan obat lain
Tablet oral Azitromisin dapat berinteraksi dengan obat lain, vitamin, atau herbal yang mungkin Anda minum. Interaksi adalah ketika zat mengubah cara kerja obat. Hal ini dapat membahayakan atau mencegah agar obat tidak bekerja dengan baik.

Untuk membantu menghindari interaksi, Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah obat yang Anda minum mungkin berinteraksi dengan azitromisin, bicarakan dengan dokter atau apoteker..

Interaksi yang meningkatkan risiko efek samping
Mengambil azitromisin dengan obat tertentu meningkatkan risiko efek samping dari obat ini. Contohnya meliputi:

Nelfinavir: Mengambil obat ini dengan azitromisin dapat menyebabkan masalah hati atau pendengaran. Dokter Anda akan memonitor Anda untuk efek samping ini.

Warfarin: Mengambil obat ini dengan azitromisin dapat meningkatkan perdarahan. Dokter Anda akan memantau Anda dengan seksama jika Anda menggunakan obat ini bersama-sama.

Kehamilan dan ibu menyusui

Azitromisin adalah kategori golongan B obat kehamilan. Itu berarti dua hal: Studi tentang obat pada hewan belum menunjukkan risiko terhadap kehamilan, dan tidak ada cukup penelitian yang dilakukan pada wanita hamil untuk menunjukkan apakah obat tersebut menimbulkan risiko.

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda hamil atau berencana untuk hamil. Obat ini harus digunakan hanya jika dibutuhkan dengan jelas.

Juga bicarakan dengan dokter Anda jika Anda menyusui anak Anda. Azitromisin masuk ke dalam ASI. Jika Anda mengkonsumsi obat ini, obat ini dapat menyebabkan efek samping pada anak Anda. Anda mungkin perlu memutuskan apakah akan berhenti menyusui atau berhenti minum obat ini.

Demikianlah informasi mengenai obat Azitromisin beserta dosis harga efek samping, semoga dengan informasi ini dapat menambah pengetahuan anda tentang obat-obatan. Untuk pengobatan penyakit harap menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagonosis dan pengobatan terbaik.